UVERS TINGKATKAN KOMPETENSI GURU BAHASA MANDARIN INDONESIA MELALUI PELATIHAN BERSAMA YUNNAN NORMAL UNIVERSITY TIONGKOK

Senin, 11 Oktober 2021
uvers-tingkatkan-kompetensi-guru-bahasa-mandarin-indonesia-melalui-pelatihan-bersama-yunnan-normal-university-tiongkok

Perguruan tinggi diharapkan untuk memiliki kontribusi positif dalam melakukan pemberdayaan masyarakat. Tidak jarang, perguruan tinggi membagikan pengetahuan akademik yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat luas. Komitmen untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat tersebut diimplementasikan oleh Universitas Universal (UVERS) melalui Pelatihan Online Persahabatan Luar Negeri Tiongkok tentang Keterampilan Mengajar Guru Bahasa Mandarin Tahun 2021.

 

Pelatihan yang terselenggara berkat kerjasama Pusat Bahasa UVERS dan Yunnan Normal University Tiongkok tersebut akan dilaksanakan selama 18 hari sejak dibuka pada Sabtu (09/10). Diikuti oleh 138 peserta yang berstatus sebagai guru Bahasa Mandarin, pelatihan tersebut akan berfokus pada pengayaan keterampilan pengajaran Bahasa Mandarin, Pengetahuan Bahasa Mandarin, hingga Pembelajaran Budaya Tiongkok. Peserta yang berasal dari 48 daerah dan 65 instansi tersebut akan dibimbing secara langsung oleh 15 dosen Jurusan Sastra dan Pendidikan Bahasa Mandarin berkualifikasi doktor dan profesor asal Yunnan Normal University.

 

Meskipun diselenggarakan secara daring melalui forum Zoom Meeting, materi yang disampaikan cukup padat dan berbobot. Materi yang diberikan kepada para peserta mulai dari prinsip pengajaran, metode pengajaran, sistem fonetik, proses persiapan pengajaran, kotakata Bahasa Mandarin, keterampilan pengajaran Bahasa Mandarin lintas tingkat, serta metode pengajaran tata bahasa. Selain memberikan materi terkait keterampilan mengajar, para peserta juga dibekali dengan keterampilan berbasis wawasan budaya seperti sastra Tiongkok kuno dan modern, budaya masakan Tiongkok, hingga kaligrafi Bahasa Mandarin.

 

Penanggungjawab Pusat Bahasa UVERS, Lina, B.A., MTCSOL menyatakan bahwa penyelenggaraan pelatihan keterampilan mengajar tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelatihan guru Bahasa Mandarin di Indonesia. Di sisi lain, peningkatan kualitas dan kompetensi guru Bahasa Mandarin juga menjadi fokus bagi Pusat Bahasa UVERS agar Pendidikan Bahasa Mandarin di Indonesia semakin berkualitas serta berdaya saing. (AS)