MAHASISWA UVERS JUARAI CHINESE PUBLIC SPEAKING CONTEST NASIONAL

Sabtu, 16 Oktober 2021
mahasiswa-uvers-juarai-chinese-public-speaking-contest-nasional

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Universal (UVERS) kembali unjuk gigi di kompetisi berbahasa mandarin tingkat nasional. Kali ini, mahasiswa UVERS menjuarai Chinese Public Speaking Contest bertajuk ME-Talk Chinese Version yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Kompetisi tersebut menjadi bagian dari Maranatha Entrepreneurship Day 3.0 (MED 3.0).

 

Ardi Harianto, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin UVERS meraih juara 3 dalam kompetisi nasional tersebut. Ardi menyebutkan bahwa awalnya ia tertarik untuk mengikuti lomba tersebut untuk mengumpulkan pengalaman sekaligus melatih kemampuan berbahasa mandarinnya agar semakin baik. Setelah mengikuti proses registrasi hingga seleksi dari bulan Agustus hingga Oktober, ia mengaku tidak hanya berhasil menjuarai lomba tersebut, namun juga mendapatkan wawasan dalam mengikuti kompetisi yang diikuti peserta dari berbagai latar belakang.

 

Dalam lomba yang mengusung tema “Sharing is Caring” tersebut, Ardi menyampaikan dalam pidato berdurasi satu menit bahwa berbagi atau memberi adalah sebuah sikap yang menunjukkan sikap kepedulian kepada sesama. Berbagi juga akan menghadirkan kebahagiaan kepada kedua pihak, sehingga ia mengajak khalayak untuk terus bergandeng tangan dan berbagi, dimulai dengan hal yang paling sederhana yakni membagikan senyuman kepada setiap orang.

 

Ardi menceritakan bahwa kriteria penilaian dalam perlombaan ini terdiri dari keselarasan topik, orisinalitas video, kepercayaan diri, ketepatan waktu, feasibilitas solusi, penguasaan materi, artikulasi, intonasi, pelafalan, dan tata bahasa dalam Bahasa Mandarin. Dengan menjuarai kompetisi ini, Ardi sekaligus membuktikan kompetensi dan kemampuan mahasiswa UVERS dalam berbahasa mandarin, meskipun dihadapkan dengan kriteria penilaian yang ketat. (AS)