REKTOR UVERS AJAK WISUDAWAN TUMBUHKAN MINDSET PEMBELAJAR DAN INOVASI GUNA HADAPI MASYARAKAT MASA DEPAN

Selasa, 23 November 2021
rektor-uvers-ajak-wisudawan-tumbuhkan-mindset-pembelajar-dan-inovasi-guna-hadapi-masyarakat-masa-depan

Perjalanan studi di perguruan tinggi tentu meninggalkan kesan tersendiri bagi mahasiswa yang menjalani proses pembelajaran tersebut. Berbagai pembelajaran yang dilalui akhirnya bermuara pada kesiapan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam masyarakat sosial setelah menyelesaikan perkuliahannya. Universitas Universal (UVERS) setiap tahun secara rutin mempersembahkan lulusannya untuk berkarya bagi ibu pertiwi berdasarkan kompetensinya masing-masing.

 

Pada Sabtu (20/11) UVERS menyelenggarakan Wisuda Sarjana Periode November 2021 secara daring melalui platform Zoom Meeting. 140 lulusan UVERS yang diwisuda dalam kesempatan ini mengikuti dengan seksama prosesi hingga akhir. Dr. Kisdarjono selaku Rektor UVERS turut memberikan sambutan kepada para lulusan guna memberikan gambaran terkait masyarakat sosial yang akan dihadapi setelah lulus dari jenjang perguruan tinggi.

 

Dr. Kisdarjono menuturkan bahwa prosesi wisuda adalah pintu gerbang bagi dimulainya pengabdian diri lulusan pada masyarakat melalui bidang profesi dan kompetensi keilmuannya. Momen ini sekaligus menandai perubahan status dari mahasiswa menjadi warga masyarakat yang berkualifikasi profesional sarjana. Dijabarkan oleh Dr. Kisdarjono, dengan terjun sebagai warga masyarakat, setidaknya lulusan UVERS memiliki dua agenda utama, yaitu menjadi manusia bagi dari dimensi moral dan mendapatkan penghidupan yang layak dari dimensi bendawi.

 

Kedua agenda utama tersebut harus berlandaskan wawasan tentang masyarakat masa depan yang kerap disebut knowledge society, dimana knowledge atau pengetahuan dikultus sebagai aset utama. Secara bersamaan, hadir pula konsep digital economy sebagai ekonomi yang didukung oleh digital technology. Fenomena tersebut akhirnya mendorong lulusan untuk menjadi insan yang mapan untuk berkehidupan dalam knowledge society dan digital economy.

 

“Belajar dan berinovasi tersebut perlu anda lakukan terus menerus” tegas Dr. Kisdarjono. Menurutnya, strategi paling ampuh untuk menjadi mapan dalam masyarakat masa depan tersebut adalah dengan membangun mindset pembelajar dan inovator. Dari mindset tersebut kemudian dikembangkan menjadi budaya belajar dan inovasi yang berkelanjutan. Pemilik mindset dan pemeluk budaya belajar serta inovasi berkelanjutan ini dicirikan dengan individu yang tidak mengingkari perubahan. Hal inilah yang diharapkan untuk dimiliki oleh lulusan UVERS sebagai modal berkembang dalam masyarakat masa depan. (AS)